Bagaimana Membangun Citra Lembaga Kursus Bahasa yang Lebih Baik?

 Beberapa Hal yang diperlukan untuk Membangun Citra Lembaga Kursus Bahasa yang Lebih Baik 


@FRENCHCOURSEBYADY 



Halo teman-teman!

Selamat datang di halaman blog ini!


Pada kesempatan ini, saya akan membagikan beberapa hal yang diperlukan oleh social media creator untuk membangun citra lembaga atau bisnis yang lebih baik, khususnya di bidang Kursus Bahasa.


Di sini saya akan membagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat copywriting yang lebih baik agar mendapatkan hasil yang diharapkan oleh teman-teman. Salah satu contohnya adalah ketika saya memiliki sebuah lembaga kursus Bahasa Prancis dengan nama lembaga French Course by Ady, saya mempunyai keinginan untuk menaikkan citra lembaga, baik itu dari segi marketing dan konten bermanfaat bagi pengguna sosial media. 


Berikut adalah hal-hal yang diperlukan saat membuat copywriting yang lebih baik adalah dengan memperhatikan beberapa aspek diantaranya adalah:


  1. Isi Konten

Hal pertama yang menjadi hal pokok dalam copywriting adalah isi konten. Isi konten yang baik yaitu konten yang dapat bermanfaat bagi pembaca atau pengguna sosial media. Konten yang bermanfaat adalah konten yang dapat menambah wawasan atau pengetahuan pembaca dalam memberikan suatu informasi sehingga pembaca merasakan manfaat ketika membaca suatu konten yang didapatkannya. 


Selain isi konten, anda perlu menentukan target konten ini ditujukan kepada siapa. Isi konten tersebut dapat menyertakan unsur yang sesuai dengan target tersebut kemudian memperhatikan strategi seperti apa yang akan anda gunakan dalam mempromosikan isi konten yang anda buat.


  1. Strategi Publikasi Konten

Saat mempublikasikan suatu konten baik itu berupa content writing maupun copywriting, anda perlu memperhatikan strategi publikasi konten agar pembaca dapat mengetahui apakah konten yang kita berikan itu sesuai dengan apa yang diharapkannya. Strategi publikasi yang wajib kita ketahui adalah a) perencanaan publikasi konten di media sosial, b) waktu yang efektif dalam mempublikasikan konten, c) optimalisasi dan analitik konten yang dipublikasi. 


  1. Perencanaan publikasi konten adalah kegiatan merencanakan atau menyusun langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum isi konten tersebut dipublikasikan ke media sosial. Perencanaan publikasi konten ini meliputi platform yang digunakan untuk mempublikasikan konten. Pemilihan platform yang tepat dan sesuai dengan kenyamanan pengguna dan bagaimana pembuat konten mempersiapkan bentuk dan tampilan platform yang dibuatnya.

  2. Waktu adalah hal terpenting dalam mengukur efektivitas progres yang sudah kita lakukan. Pemilihan waktu yang efektif tentang kapan konten akan dipublikasikan sangatlah berpengaruh untuk mencapai tingkat penyebaran informasi. Bisa dikatakan konten yang berkaitan dengan suatu agenda atau acara tertentu perlu disesuaikan karena itu akan mempengaruhi jumlah audiens yang mengunjungi laman blog atau konten yang kita buat.

  3. Optimalisasi dan analitik konten yaitu dengan kita mengoptimalisasikan website atau konten yang kita miliki dengan menggunakan beberapa fitur yang dapat membantu kita dalam mengoptimalisasikan web tersebut seperti menggunakan search engine dengan kategori atau kata kunci yang kita sematkan pada konten yang kita buat agar memudahkan pembaca mencari hal yang dibutuhkannya. Kita perlu untuk selalu memantau analitik yang ada pada blog yang kita miliki agar kita tahu apa saja kekurangan yang bisa kita optimalkan agar konten kita bisa menjangkau pembaca atau target audiens.


  1. Strategi Marketing Bisnis

Strategi marketing dalam suatu bisnis baik itu dalam bisnis suatu lembaga atau institusi, bisnis makanan dan bisnis lainnya sangatlah perlu karena dapat membantu meningkatkan target audiens yang kita harapkan. Strategi marketing dalam bisnis kelembagaan atau institusi perlu melihat peluang dari apa yang dibutuhkan oleh pengguna. Seperti pada bisnis kursus bahasa Prancis yang saya buat, pembaca atau target audiens yang membutuhkan keahlian dalam berbahasa Prancis bisa mengikuti beberapa program yang ditawarkan oleh bisnis ini seperti mengikuti program pelatihan bahasa, mengikuti challenge bahasa, dan lain-lain.


Hal-hal yang dibutuhkan dalam mempromosikan citra bisnis yang dimiliki bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Formula Promosi Konten Video
  2. Formula Promosi Konten Instagram Feeds


1. Formula Promosi Konten Video

PAS

 Problem:

Memberikan gambaran atau sentuhan yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi oleh target audiens sehingga mereka dapat mencari produk atau program apa yang dapat membantu menyelesaikan masalah yang dirasakan atau dihadapinya. 

Agitate:

Menjelaskan apa saja yang membuat masalah tersebut sulit untuk diselesaikan. Hal ini akan mengarahkan target audiens untuk menelusuri apakah masalah tersebut harus menggunakan solusi yang seperti apa.

Solution: 

Memberikan penawaran berupa produk atau program yang bisa diikuti atau dibelinya sebagai salah satu cara dalam menangani masalahnya.

PADS

 

Problem:

 Hal pertama yang diterapkan dalam formula ini adalah tentang masalah yang diangkat atau yang dialami oleh target audiens sehingga mengarahkannya kepada pencarian untuk menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Agitate:

 Adanya masalah yang dimunculkan, akan menyentuh segi emosional target audiens yang bisa kita arahkan untuk membantunya dalam menemukan solusi yang dibutuhkan.

Discredit:

Target audiens dapat menemukan solusi awal yang bisa mereka jadikan sebagai opsi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan memberikan penawaran suatu produk atau program yang sesuai dengan masalah dari target audiens tersebut.

Solution:

Produk atau Program yang kita tawarkan bisa kita berikan dan target audiens akan menentukan apakah produk atau program tersebut dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya atau tidak.

 The 4 U's

 

Useful:

Memberikan suatu insight kepada target audiens sehingga konten yang berkaitan dengan produk atau program yang kita tawarkan dapat membantu mereka.

Urgency:

Menjelaskan tentang produk atau program kepada target audiens sehingga membuat mereka mengikuti atau membeli suatu produk yang kita tawarkan.

Unique:

Suatu produk atau program yang ditawarkan merupakan sebuah terobosan yang unik dan menarik minat target audiens.

Ultra Specific:

 Penjelasan tentang konten suatu produk atau program secara lebih rinci, mudah dibaca dan dipahami sehingga target audiens merasa terbantu dengan adanya konten yang kita buat tersebut.

2. Formula Promosi Konten Instagram Feeds

Dalam mempromosikan suatu konten berupa gambar bisa memperhatikan beberapa formula yang bisa diterapkan agar lebih menarik perhatian audiens dan tampilan konten yang disajikan bisa lebih mudah untuk dipahami oleh mereka. Berikut adalah beberapa contoh konten yang menerapkan tiga formula dalam copywriting diantaranya adalah sebagai berikut:


FAB



Feature:

Memberikan informasi suatu produk atau program yang ditawarkan kepada target audiens dengan jelas dan rinci sangatlah penting agar target audiens bisa menilai apakah program atau produk yang ditawarkan oleh kita sesuai dengan apa yang dicarinya. 


Advantage:

Kita bisa memberikan gambaran tentang keuntungan apa saja yang akan didapatkannya jika target audiens membeli produk atau mengikuti program yang kita tawarkan. Keuntungan ataupun keunggulan Produk atau Program penting karena akan menentukan apakah hal itu sesuai dan layak dengan apa yang akan diikuti atau dibelinya tidak.


Benefits:

Berdasarkan contoh gambar konten yang dibuat untuk Instagram Feeds di atas, adalah memberikan informasi tentang manfaat apa saja yang akan didapatkan oleh target audiens setelah mengikuti program atau produk yang dibeli tersebut.



AIDA



Attention:

Bagaimana cara kita bisa mendapatkan perhatian target audiens untuk mengunjungi atau menggunakan produk yang kita tawarkan.


Interest:

Cara kita membuat produk atau program yang bisa menarik minat target audiens untuk mengetahui lebih dalam tentang produk atau program yang kita tawarkan.


Desire:

Membangun keinginan kepada target audiens terhadap produk atau program yang kita tawarkan kepadanya.


Action:

Bagaimana cara kita mengarahkan target audiens untuk melakukan aksi seperti membeli produk atau mengikuti program yang ditawarkan dari lembaga atau institusi.



AIDCA



Attention:

Memberikan perhatian kepada target audiens tentang suatu permasalahan yang diangkat.


Interest:

Menyentuh rasa penasaran atau ketertarikan target audiens pada suatu masalah yang ada dengan memikirkan keinginan atau solusi apa yang bisa dilakukan.


Desire:

Membuat produk atau program apa yang sesuai atau dibutuhkan oleh target audiens sebagai solusi yang bisa ditawarkan.


Conviction:

Bagaimana cara meyakinkan target audiens bahwa solusi yang kita tawarkan ini sesuai atau dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapinya.


Action:

Bagaimana kita memberikan solusi dengan mengarahkan target audiens untuk mengunjungi atau mengikuti program yang ada pada lembaga kita dan membantu mereka mendapatkannya.



Comments

Popular posts from this blog

Review Lima Website Teratas tentang Film Fiksi-Ilmiah

Review Film Vesper (2022)